Filsafat seni

 

Goldblatt, David – Aesthetics



Nama  : Ahmad Insan Kamil
NPM    : 201846579006
Kelas   : S3D
Matkul : Filsafat Seni
Dosen  : 
Angga Kusuma Dawami, M.Sn.


Form in Modern Painting ( Bentuk dalam Lukisan Modern )

Oleh Clive Bell

 

 

Dikutip dari Seni oleh Clive Bell. Dicetak ulang dengan izin dari The Society of Authors sebagai perwakilan sastra dari Estate of Clive Bell.

 

Titik awal untuk semua usic estetika haruslah pengalaman pribadi dari emosi yang khas. Benda-benda yang memancing emosi ini kita sebut karya seni. Semua orang yang usica setuju bahwa ada emosi aneh yang dipicu oleh karya seni. Saya tidak bermaksud, tentu saja, bahwa semua karya memancing emosi yang sama. Sebaliknya, setiap karya menghasilkan emosi yang berbeda. Tetapi semua emosi ini dapat dikenali dalam jenis yang sama. Sejauh ini, bagaimanapun, pendapat terbaik ada di pihak saya. Bahwa ada jenis emosi tertentu yang diprovokasi oleh karya seni rupa, dan bahwa emosi ini diprovokasi oleh setiap jenis seni rupa, oleh gambar, patung, bangunan, pot, ukiran, tekstil, & saya usic, oleh siapa saja yang mampu merasakannya. Emosi ini disebut emosi estetika. Dan jika kita dapat menemukan beberapa kualitas yang umum dan khas untuk semua objek yang memprovokasinya, kita akan memecahkan apa yang saya anggap sebagai masalah utama estetika. Kita akan menemukan kualitas esensial dalam sebuah karya seni, kualitas yang membedakan karya seni dari semua kelas objek lainnya.

Entah karena semua karya seni rupa memiliki kualitas yang sama, atau usic kita berbicara tentang “karya seni”, kita akan cemberut. Setiap orang berbicara tentang “seni”, membuat klasifikasi mental yang dengannya dia membedakan kelas “karya seni” dari semua kelas lainnya. Apa pembenaran klasifikasi ini? Apa kualitas yang umum dan khas untuk semua anggota kelas ini? Apa pun itu, tidak diragukan lagi sering ditemukan usic dengan kualitas lain tetapi mereka bersifat adventif. Pasti ada satu kualitas yang tanpanya sebuah karya seni tidak dapat eksis memiliki setidaknya, tidak ada pekerjaan yang sama sekali tidak berharga. Apa kualitas ini? Kualitas apa yang dimiliki oleh semua objek yang memancing emosi estetika kita? Kualitas apa yang umum untuk Sta. Sophia dan jendela di Chartres, patung Meksiko, mangkuk Persia, karpet Cina, lukisan dinding Giotto di Padua, dan mahakarya Poussin, Piero della Francesca, dan Cézanne? Hanya satu jawaban yang tampaknya mungkin bentuk signifikan. Pada masing-masing, garis dan warna yang digabungkan dengan cara tertentu, bentuk dan hubungan bentuk tertentu, menggerakkan emosi estetika kita. Hubungan dan kombinasi garis dan usica, bentuk-bentuk yang bergerak secara estetis ini, saya sebut “Bentuk Penting”; dan “Bentuk Signifikan” adalah satu kualitas yang umum untuk semua karya seni rupa.

Pada titik ini, mungkin ada keberatan bahwa saya menjadikan estetika sebagai bisnis yang murni subjektif, karena satu-satunya data saya adalah pengalaman pribadi dari emosi tertentu. Dapat dikatakan bahwa objek yang memprovokasi emosi ini berbeda-beda pada setiap individu, dan oleh karena itu usic estetika tidak dapat memiliki validitas objektif. Harus dijawab bahwa usic estetika apa pun didasarkan pada beberapa kebenaran objektif sangat menggelikan sehingga tidak layak untuk didiskusikan. Kami tidak memiliki cara lain untuk mengenali sebuah karya seni selain perasaan kami untuk itu. Objek yang memancing emosi estetis berbeda-beda pada setiap individu. Penilaian estetika, seperti kata pepatah, adalah masalah selera dan tentang selera, seperti yang diakui semua orang dengan bangga, tidak ada perselisihan. Seorang kritikus yang baik mungkin bisa membuat saya melihat dalam sebuah gambar yang meninggalkan saya hal-hal dingin yang saya abaikan, sampai akhirnya, menerima emosi estetis, saya mengenalinya sebagai sebuah karya seni. Untuk terus-menerus menunjukkan bagian-bagian itu, jumlah atau lebih tepatnya kombinasi, yang usic untuk menghasilkan bentuk yang signifikan, adalah fungsi kritik. Tetapi tidak ada gunanya bagi seorang kritikus untuk memberi tahu saya bahwa sesuatu adalah karya seni dia harus membuatku merasakannya sendiri. Ini hanya bisa dia lakukan dengan membuatku melihat dia harus menangkap emosiku melalui mataku. Kecuali dia bisa membuatku melihat sesuatu yang menggerakkanku, dia tidak bisa memaksakan emosiku. Saya tidak punya hak untuk menganggap apa pun sebagai karya seni yang tidak dapat saya reaksikan secara emosional dan saya tidak punya hak untuk mencari kualitas esensial dalam segala hal yang belum saya rasakan sebagai sebuah karya seni. Kritikus dapat mempengaruhi teori estetika saya hanya dengan mempengaruhi pengalaman estetika saya. Semua usic estetika harus didasarkan pada pengalaman pribadi artinya, mereka harus subjektif.

Namun, meskipun semua teori estetika harus didasarkan pada penilaian estetika, dan pada akhirnya semua penilaian estetika harus menjadi masalah selera pribadi, akan terburu-buru untuk menyatakan bahwa tidak ada teori estetika yang dapat memiliki validitas umum. Karena, meskipun A, B, C, D adalah karya-karya yang menggerakkan saya, dan A, D, E, F karya-karya yang menggerakkan Anda, mungkin saja x adalah satu-satunya kualitas yang diyakini oleh salah satu dari kita yang umum untuk semua karya dalam daftarnya. Kita semua mungkin setuju tentang estetika, namun berbeda tentang karya seni tertentu. Kami mungkin berbeda untuk ada atau tidak adanya kualitas x. Tujuan langsung saya adalah menunjukkan bahwa bentuk signifikan adalah satu-satunya kualitas yang umum dan khas pada semua karya seni rupa yang menggerakkan saya dan saya akan bertanya kepada mereka yang pengalaman estetisnya tidak sesuai dengan pengalaman saya untuk melihat apakah kualitas ini, menurut penilaian mereka, tidak sama dengan semua karya yang menggerakkan mereka, dan apakah mereka dapat menemukan kualitas lain yang dapat dikatakan sama.

Juga pada titik ini sebuah pertanyaan muncul, memang tidak relevan, tetapi sulit untuk ditekan “Mengapa kita begitu tergerak oleh bentuk-bentuk yang terkait dengan cara tertentu?” Pertanyaannya sangat menarik, tetapi tidak relevan dengan estetika. Dalam estetika murni kita hanya perlu mempertimbangkan emosi kita dan objeknya: Untuk tujuan estetika, kita tidak berhak, juga tidak ada keharusan, untuk mengorek di belakang objek ke dalam keadaan pikiran dia yang membuatnya. Saya tidak akan, bagaimanapun, berada di bawah khayalan bahwa saya membulatkan teori estetika saya. Untuk diskusi tentang estetika, hanya perlu disepakati bahwa bentuk-bentuk yang diatur dan digabungkan menurut hukum-hukum tertentu yang tidak diketahui dan misterius memang menggerakkan kita dengan cara tertentu, dan itu adalah urusan seorang seniman untuk menggabungkan dan mengaturnya sehingga mereka akan bergerak. Kita. Kombinasi dan pengaturan yang bergerak ini saya sebut, demi kenyamanan dan untuk usic yang akan muncul nanti, “Bentuk Penting.” Interupsi ketiga harus dipenuhi. “Apakah kamu lupa tentang warna?” seseorang bertanya. Tentu tidak istilah saya “bentuk penting” termasuk kombinasi garis dan warna. Perbedaan antara bentuk dan warna tidak nyata Anda tidak dapat membayangkan garis tak berwarna atau ruang tak berwarna Anda juga tidak dapat membayangkan hubungan warna yang tidak berbentuk. Dalam gambar hitam putih, semua spasinya berwarna putih dan semuanya dibatasi oleh garis hitam di usica besar lukisan cat minyak, ruangnya multi berwarna dan begitu juga batas-batasnya Anda tidak dapat membayangkan garis batas tanpa konten apa pun, atau konten tanpa garis batas. Oleh karena itu, usic saya berbicara tentang bentuk yang signifikan, yang saya maksud adalah kombinasi garis dan warna (menghitung putih dan hitam sebagai warna) yang menggerakkan saya secara estetis

Hipotesis bahwa bentuk signifikan adalah kualitas esensial dalam sebuah karya seni memiliki setidaknya satu kelebihan yang ditolak oleh banyak lagi yang lebih terkenal dan lebih mencolok hipotesis itu membantu menjelaskan banyak hal.

Kita semua akrab dengan gambar yang menarik minat kita dan membangkitkan kekaguman kita, tetapi tidak menggerakkan kita sebagai karya seni. Yang termasuk dalam kelas ini adalah apa yang saya sebut “Lukisan Deskriptif” yaitu lukisan yang bentuk-bentuknya tidak digunakan sebagai objek emosi, tetapi sebagai sarana untuk menyampaikan emosi atau menyampaikan informasi. Potret nilai psikologis dan sejarah, karya topografi, gambar yang menceritakan kisah dan menyarankan situasi, ilustrasi dari segala macam, termasuk dalam kelas ini. Bahwa kita semua mengenali perbedaan itu jelas, karena siapa yang tidak mengatakan bahwa gambar ini dan itu sangat bagus sebagai ilustrasi, tetapi sebagai karya seni yang tidak berharga? Tentu saja banyak gambar deskriptif memiliki, antara lain kualitas, signifikansi formal, dan karena itu merupakan karya seni tapi banyak lagi yang tidak. Mereka menarik minat kami mereka mungkin menggerakkan kita juga dalam usica cara yang berbeda, tetapi mereka tidak menggerakkan kita secara estetis. Menurut hipotesis saya mereka bukan karya seni. Mereka tidak menyentuh emosi estetika kita karena bukan bentuknya tetapi ide atau informasi yang disarankan atau disampaikan oleh bentuknya yang memengaruhi kita. …

Untuk mengapresiasi sebuah karya seni kita tidak perlu membawa apa-apa selain rasa bentuk dan warna dan pengetahuan tentang ruang tiga dimensi. Sedikit pengetahuan itu, saya akui, sangat penting untuk mengapresiasi banyak karya besar, karena banyak bentuk paling mengharukan yang pernah diciptakan ada dalam tiga dimensi. Untuk melihat kubus atau belah ketupat sebagai pola datar adalah untuk menurunkan signifikansinya, dan rasa ruang tiga dimensi sangat penting untuk apresiasi penuh dari usica besar bentuk arsitektur. Gambar-gambar yang akan menjadi tidak berarti jika kita melihatnya sebagai pola datar yang sangat bergerak karena, pada kenyataannya, kita melihatnya sebagai bidang yang terkait. Jika representasi ruang tiga dimensi disebut “representasi”, maka saya setuju bahwa ada satu jenis representasi yang tidak relevan. Juga, saya setuju bahwa seiring dengan perasaan kita terhadap garis dan warna, kita harus membawa pengetahuan kita tentang ruang jika kita ingin memanfaatkan setiap jenis bentuk sebaik mungkin. Namun demikian, ada desain yang luar biasa untuk apresiasi yang pengetahuan ini tidak diperlukan jadi, meskipun tidak relevan dengan apresiasi beberapa karya seni, tidak penting untuk apresiasi semua. Apa yang harus kita usica adalah bahwa representasi ruang tiga dimensi tidak relevan atau esensial untuk semua seni, dan setiap jenis representasi lainnya tidak relevan. …

Saya tidak mengerti usic dengan baik. Saya menemukan bentuk usic sangat sulit untuk dipahami, dan saya yakin bahwa seluk-beluk harmoni dan ritme yang lebih dalam lebih sering luput dari saya. Bentuk komposisi usic memang harus sederhana jika saya ingin memahaminya dengan jujur. Pendapat saya tentang usic tidak layak dimiliki. Namun, terkadang, di sebuah konser, meskipun apresiasi saya terhadap usic terbatas dan rendah hati, itu murni. Kadang-kadang, meskipun saya memiliki pemahaman yang buruk, saya memiliki selera yang bersih. Akibatnya, usic saya merasa cerah dan jernih dan niat, di awal konser misalnya, usic sesuatu yang dapat saya pegang sedang dimainkan, saya mendapatkan dari usic emosi estetika murni yang saya dapatkan dari seni visual. Itu kurang intens, dan kegiuran cepat berlalu; Saya mengerti usic terlalu buruk untuk usic untuk membawa saya jauh ke dunia ekstasi estetika murni. Tetapi pada saat-saat saya menghargai usic sebagai bentuk usic murni, sebagai suara yang digabungkan menurut hukum kebutuhan misterius, sebagai seni murni dengan signifikansinya sendiri yang luar biasa dan tidak ada hubungannya dengan signifikansi kehidupan dan pada saat-saat itu saya kehilangan diri saya dalam keadaan pikiran yang sangat luhur yang ke mana bentuk visual murni membawa saya.

 

 

REVIEW

 

Part “Bentuk Dalam lukisan Modern” secara garis besar lebih menjelaskan tentang makna estetika yang lahir dalam setiap emosi manusia kemudian di tuangkan kedalam bentuk bentuk karya seni modern saat ini. Dalam tulisan ini lebih detail menjelaskan struktur estetika dalam sebuah karya seni bahwa estetika merupaka sudut pandang masing masing berdasarkan selera terhadap ketertarikan pada sesuatu karya seni.

 

 


Comments

Popular posts from this blog

FILSAFAT SENI DARI SUDUT PANDANG ORANG BODOH